Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal

Nah pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi lengkap menenai cara memasukan voucher telkomsel yang gagal. Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak cara mengisi kuota internet Telkomsel, misalnya dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel, membeli melalui pulsa, mengisi kuota internet lewat konter, maupun dengan menggunakan voucher kuota Telkomsel. Tetapi, kebanyakan orang lebih suka menggunakan voucher Telkomsel karena dianggap lebih simpel, biasanya harga yang ditawarkan lebih murah, dan lebih kecil resiko jika kita bandingkan dengan membeli paket internet melalui pulsa tetapi.

Meskipun sebenarnya cara memasukkan voucher Telkomsel ini terbilang mudah, kamu hanya perlu mengikuti format *123*Kode Voucher Telkomsel# untuk bisa menggunakan voucher Telkomsel, akan tetapi banyak pengguna yang sering mengalami masalah seperti voucher Telkomsel tidak bisa digunakan.

Karena masih sedikit yang membahas mengenai masalah ini, oleh karena itu disini kami RadarDetik.com akan memberi tips mengatasi voucher Telkomsel tidak bisa digunakan dengan cepat dan simple tentunya. Untuk pembahasan lebih lanjut, kamu bisa baca selengkapnya di bawah ini, semoga artikel ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang tengah kamu hadapi.

Baca Juga Cara Mengetahui Kode Voucher Telkomsel Dari Nomor Serial Number

Alasan Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Pada dasarnya, alasan kenapa voucher Telkomsel tidak bisa digunakan ini tidak terjadi akibat masalah yang sama, alias penyebab yang berbeda-beda. Jadi untuk cara memasukan voucher Telkomsel yang gagal, kamu harus terlebih dahulu mengetahui masalah yang menyebabkan voucher Telkomsel tersebut tidak bisa kamu gunakan.

Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal

Bagi kebanyakan pengguna provider Telkomsel, mengisi ulang paket internet dan pulsa menggunakan voucher adalah pilihan yang tepat. Alasannya karena, voucher Telkomsel hampir selalu ada pada tiap-tiap konter dan juga memiliki banyak pilihan harga.

Bahkan perlu kamu ketahui, harga dari voucher bisa dibilang lebih murah jika kita bandingkan dengan membeli kuota internet melalui aplikasi resmi MyTelkomsel. Tidak heran jika saat ini banyak pengguna Telkomsel yang mulai beralih menggunakan voucher isi ulang untuk mengisi pulsa maupun paket internet.

Nah untuk cara mengaktifkan voucher telkomsel bisa kita bilang sangat mudah dan praktis. Setelah membeli voucher di konter terdekat, pengguna bisa langsung mengaktifkannya dengan cara menggosok hologram yang berisikan kode voucher 12 digit, lalu dial ke *133*Kode Voucher#. Maka kemudian, pulsa atau kuota internet akan aktif sesuai dengan masa yang berlaku yang tertera pada voucher telkomsel tersebut .

Nah tetapi, terkadang ada saja masalah yang dialami para pengguna ketika mengaktivasi voucher isi ulang. Masalah umum yang paling dialami adalah sistem sedang “sibuk”. Akan tetapi, ketika ingin memasukkan kode voucher justru timbul notifikasi pop up yang bertuliskan “maaf”, “sistem sedang sibuk”, “Mohon tunggu beberapa saat lagi” itu adalah beberapa kendala yang mungkin kamu alami ketika mengaktifkan voucher telkomsel.

Bagi kamu yang saat ini tengah mengalami masalah seperti yang kami sebutkan diatas, disini kami akan memberikan solusi Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal. Untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa simak berikut ini:

1. Salah Format Ketika Memasukkan Voucher

Masalah yang pertama yang sering terjadi ketika voucher Telkomsel yang kamu beli benar-benar belum pernah digunakan alias masih baru, dan voucher yang kamu beli tersebur merupakan voucher Telkomsel regional disekitar wilayah tempat tinggal kamu.

Hal ini bisa saja terjadi akibat kesalahan dalam memasukkan format kode MMI (kode dial) untuk menggunakan voucher. format kode MMI (dial up) untuk memasukkan voucher Telkomsel yang benar yaitu dengan kode *133*Kode Voucher Telkomsel#.

Pastikan pada saat memasukkan kode voucher Telkomsel kamu tidak sedang mengunci mode sinyal 4G Only, karena sinyal 4G ini kurang baik digunakan untuk SMS maupun untuk telepon (dial up) hanya unggul pada jaringan internet. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu memasukkan kode voucher dengan mode sinyal selain 4G only seperti 2G, maupun 3G.

Apabila masalah ini belum teratasi juga dengan cara yang kami sebutka atas. Kamu bisa mencoba menggunakan voucher Telkomsel dengan cara yang lain seperti memasukkan voucher Telkomsel lewat aplikasi MyTelkomsel atau menggunakan dial telefon ke 888.

Jadi intinya, yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Pastikan untuk format kode MMI kamu tidak salah.
  • Pastikan juga kode voucher Telkomsel yang kamu masukkan tidak salah (cek 2-3 kali)
  • Pastikan mode sinyal HP kamu bukan 4G only.
  • Jika dengan cara di atas masalah belum juga teratasi, bisa mencoba memasukkan voucher Telkomsel dengan cara lain seperti menggunakan aplikasi MyTelkomsel atau melalui panggilan ke 888.

2. Voucher Telkomsel Beda Regional

Kenapa voucher telkomsel beda regional ini bisa terjadi?

– Pedagang nakal atau pedagangnya kena tipu

Pada bagian depan voucher Telkomsel biasanya tertulis keterangan terkait dimana Voucher tersebut dapat digunakan. Jadi pada saat membeli, kamu harus melihat keterangan regional produk voucher secara fisik.

Beberapa pedagang nakal atau oknum memang sengaja membeli voucher dengan harga yang lebih murah yang berada diluar zona wilayah tertentu kemudian menjualnya kembali secara tidak langsung atau melalui online agar memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Bisa juga karena pemilik konternya kena tipu dari outlet abal-abal. Dalam segebok voucher Telkomsel teah diselipkan beberapa voucher dengan wilayah regional yang berbeda. Disini pemilik konter yang kurang jeli sebenarnya juga tidak mengetahui hal tersebut.

Terkadang pemilik konter langsung mendapat komplain dari para pembeli, tentunya tidak semua pembeli bisa memakluminya. Beberapa pembeli mungkin marah-marah dan tak jarang juga yang memicu keributan

– Barang lama, zona ikut berubah

Ini penyebab yang cukup sering terjadi sehingga konsumen harus selalu berprasangka baik mengenai pemilik konter. Memang dari pihak Telkomsel setiap awal tahun biasanya merubah susunan regional maupun kebijakan pada penggunaan voucher secara mendadak.

Kondisi voucher yang belum laku terjual harus tetap mengikuti kebijakan zonasi baru yang telah ditetapkan oleh pihak Telkomsel, akibatnya pada saat digunakan muncul notifikasi bahwa kuota internet berada diluar wilayah regional.

Kendala ini biasanya ditandai dengan munculnya notifikasi “maaf, voucher tidak dapat digunakan di regional Anda” tentu saja ini terjadi karena lokasi regional yang tertera pada voucher berbeda dengan tempat kamu berada saat ini, seperti contoh: lokasi regional yang tertera pada voucher adalah Jabodetabek tetapi kamu memasukkan voucher tersebut di Wilayah Jawa Barat, Kuningan.

Untuk mengatasi kendala ini kamu harus menggunakan voucher yang sesuai lokasi regional yang telah tertera pada voucher saja. Misalnya: apabila lokasi regional yang tertera pada voucher tersebut adalah Jabodetabek maka gunakan voucher tersebut di area Jabodetabek juga.

Namun, meskipun lokasi regional pada voucher dan lokasi kamu saat menggunakan voucher telah sesuai, diantara kamu mungkin ada yang masih bisa terkena masalah ini. Nah Jika kamu mengalaminya, cara memasukan voucher telkomsel yang gagal adalah dengan mengaktifkan Fitur GPS HP untuk memberi tahu sistem lokasi kamu saat ini berada lalu mencoba memasukkan kembali kode voucher. 

Jadi intinya secara garis besar, yang perlu kamu lakukan adalah:

1. Pastikan lokasi kamu sesuai dengan lokasi regional pada voucher telkomsel yang kamu beli.

2. Apabila lokasi regional yang tertera pada voucher dan lokasi kamu saat ini telah sesuai tetapi masih muncul notifikasi “maaf, voucher tidak bisa digunakan di regional Anda”, maka kamu bisa mencoba mengaktifkan GPS HP kamu untuk memberi tahu sistem mengenai lokasi kamu saat ini lalu mencoba memasukkan kode voucher kembali.

3. Error Tidak Terdaftar di Jaringan

Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal atau error semacam ini jarang sekali terjadi namun bukan berarti tidak pernah terjadi, Menurut beberapa sumber, biasanya kendala error ini muncul pada HP merek Samsung saja dan notifikasi kemunculannya hampir mirip seperti pada masalah MMI tidak valid namun sayangnya untuk kendala ini kami belum menemukan solusinya. Tapi kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

Berikut beberapa adalah beberapa tips nya, kamu bisa mencoba melakukan ON-OFF mode pesawat. Kemudian apabila masih belum berhasil menyelesaikan masalahnya, kamu juga bisa mengatur ulang jaringan seluler dengan cara mengganti jaringan seluler ke provider lain dan menggantinya kembali pada jaringan seluler provider Telkomsel.

Cara selanjutnya yaitu dengan mengubah mode sinyal ke 2G, 3G , 3.5G maupun mode sinyal lainnya selain 4G only tentunya, dengan cara mengubah sinyal kami harap masalah kamu telah selesai dan notifikasi “Error Tidak Terdaftar Pada Jaringan” tidak muncul kembali

Nah intinya yang harus kamu lakukan adalah berikut:

1. Silahkan melakukan ON-OFF mode pesawat.

2. Silahkan kamu ganti jaringan seluler ke jaringan seluler provider lain dan menggantinya kembali ke jaringan seluler provider Telkomsel.

3. Coba kamu ganti mode sinyal ke 2G, 3G, atau mode sinyal lainnya, selain 4G Only.

4. Mengembalikan Voucher Kepada Penjual

Cara memasukan voucher telkomsel yang gagal selanjutnya adalah dengan mengembalikan voucher yang tidak bisa kamu gunakan tersebut ke konter tempat kamu membelinya. Semoga penjual dapat menerimanya dan memberikan voucher telkomsel yang baru dan dapat digunakan.

Beberapa penjual juga memiliki aturan dagang “Barang yang sudah dibeli tidak dapat dikembalikan” , itu karena banyak pembeli yang ngeyel mengisi ulang voucher di rumah disarankan para pembeli mengisi ulang langsung ditempat penjual sehingga jika terjadi kesalahan bisa langsung segera ditangani atau ganti dengan voucher yang baru

Jika kamu termasuk orang yang berbesar hati, sebaiknya cukup masalah tersebut sampai disini dan menjadi pelajaran supaya kedepannya mengisi ulang melalui voucher langsung oleh penjual. Akan disayangkan juga kan penjualnya kamu tidak mengetahui dan terpaksa harus mematuhi aturan dagang yang telah ditetapkan oleh bosnya.

Jika kita piker kembali memang isi ulang paket internet melalui voucher lebih murah, tetapi bukan berarti ini tanpa resiko. Kamu juga bisa membeli paket internet secara reguler dan setelah paket masuk baru kamu bayar.

5. Cek voucher Telkomsel sudah digunakan atau belum

Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal adalah dengan mengcek voucher telkomsel tersebut telah digunakan atau belum.  Nah untuk mengecek Voucher Telkomsel hanya membutuhkan Nomor Telkomsel yang masih aktif saja. Biasanya cara ini orang-orang gunakan untuk mengetahui berapa banyak isi paket data yang ada pada voucher tersebut tanpa harus menggunakannya terlebih dahulu.

Jika sudah digunakan maka isi kuota didalam voucher sudah tidak ada lagi sebab sudah pernah digunakan. Untuk mengetahui apakah voucher Telkomsel yang kamu beli/temukan telah digunakan atau belum, kamu bisa ikuti tips berikut:

– Kode Voucher misalnya 9121 3252 2673 237 (15 digit)

Nah untuk mengecek isi dari voucher telkomsel tersebut atau statusnya, silahkan kamu masukkan 12 digit saja (3 digit paling belakang tidak usah dimasukkan)

Jadi, *123*912132522673# , 3 digit paling belakang yaitu 237 tidak perlu dimasukkan

– Ada 2 laporan mengenai status voucher Telkomsel, laporan pertama menunjukkan informasi paket dan masa aktif voucher seperti gambar dibawah ini. Berarti voucher masih belum digunakan

6. Cara lain

Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal selanjutnya yaitu kamu bisa simak pembahasannya dibawah ini:

– Pastikan kamu telah menerima SMS Konfirmasi terkait aktivasi paket, jika kamu belum mencoba kamu bisa menunggu beberapa jam mungkin sistem sedang gangguan

– Cek status nomor pastikan bahwa nomor tersebut tidak terblokir dan telah diregistrasi menggunakan data NIK yang berlaku

– Restart smartphone, kemudian cobalah memasukkan kode voucher setelah itu

– Kamu juga bisa mencoba hubungi Telkomsel melalui Email : cs@telkomsel.co.id, Twitter : @telkomsel, Facebook : Telkomsel, Hubungi 188 untuk pengguna kartuHalo, simPATI, Kartu As dan Loop

– Pastikan juga masa berlaku voucher masih aktif, cek menggunakan cara ke-5

7. Error karena sistem sibuk/error

Beberapa pengguna biasanya mencoba memasukkan kode voucher selalu gagal dan muncul notifikasi “Maaf sistem sedang sibuk/error” dan hal ini terus terjadi beberapa kali. Kami belum tau apa masalahnya.

Menurut beberapa sumber yang pernah kami baca, error ini muncul karena kartu Telkomsel sudah hangus atau pengguna belum melakukan registrasi menggunakan NIK. Coba hubungi Customers Telkomsel untuk memecahkan kendala ini.

– Telpon 188 , bisa dihubungi langsung menggunakan HP dengan tarif Rp.300,

– Silahkan hubungi nomor dalam negeri 0807 1881 811, atau luar negeri  +628110 000 333, berlaku tarif normal

– Bisa juga dengan melalui Assistan Virtual di Aplikasi MyTelkomsel

– Line : @Telkomsel , Telegram : @Telkomsel_official_bot

8. Gunakan Kode UMB *556#

Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal yang terakir adalah menggunakan kode UMB.

2 kode UMB untuk menggunakan voucher Telkomsel, berikut adalah cara-caranya :

*123#Kode Voucher Telkomsel#

*556#Kode Voucher Telkomsel#

Kalau kode UMB yang pertama gagal kamu bisa menggunakan kode UMB kedua, setelah itu tunggu notifikasi dari Telkomsel yang menyatakan bahwa paket internet telah aktif

Kesimpulan

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan menengenai Cara Memasukan Voucher Telkomsel Yang Gagal, semoga bisa bermanfaat dan terimakasih.

Kunjungi juga https://www.patrolihipakad.id/ untuk menemukan informasi-informasi menarik lainnya.

Tinggalkan komentar