Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon

Mungkin Anda saat ini kesulitan menerima SMS dan panggilan di kartu Telkomsel Anda. Di bawah ini akan kami berikan cara mengatasi kartu telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon.

Saat ini, terdapat banyak operator telekomunikasi seluler di Indonesia. Setiap operator telekomunikasi memiliki banyak produk layanan, termasuk SMS, panggilan telepon, dan Internet.

Salah satu operator telekomunikasi seluler paling terkenal di Indonesia adalah Telkomsel. Telkomsel memiliki hampir 60% pangsa pasar dan sekitar 170 juta pengguna.

Telkomsel juga bekerja sama dengan lebih dari 500 mitra roaming. Jadikan produk kartu tersedia di hampir 200 negara.

Saat ini sudah banyak pengguna kartu Telkomsel. Pengguna kartu Telkomsel dapat dengan mudah menemukan sinyal jaringan bahkan di daerah terpencil karena PT.Telkom Indonesia mengoperasikan 236.000 base transceiver station atau menara seluler Telkomsel.

Jaringan sinyal kartu telkomsel juga sangat stabil, meski lampu mati, sinyal masih ada.

Namun bagaimana jika Anda mengalami masalah dengan kartu Telkomsel Anda yang tidak dapat menerima SMS dan telepon? Di bawah ini kami jelaskan mengapa dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum lanjut ke pembahasan utama yaitu Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan telepon,  anda harus mengetahui penyebab nya terlebih dahulu. Untuk pembahasan selengkapnya kamu bisa simak di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Unlimited Yang Lemot

Kenapa Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan Telepon?

Pasalnya, kartu Telkomsel tidak bisa menerima SMS dan telepon. Ada banyak alasan mengapa kartu Telkomsel Anda tidak dapat menerima pesan teks atau panggilan.

Berikut penyebab kartu Telkomsel Anda tidak dapat menerima SMS dan telepon:

sinyal lemah

Lemahnya sinyal sering terjadi di daerah-daerah terpencil yang jarang ditemukan BTS (Base Tranceiver Station), karena jika handphone berada cukup jauh dari BTS maka akan menyebabkan lemahnya sinyal sehingga tidak dapat menerima SMS dan panggilan.

Gangguan atau kegagalan sinyal

Gangguan atau kegagalan sinyal biasanya terjadi karena adanya perawatan rutin terhadap Base Transceiver Station (BTS) atau Tower Telkomsel, seperti perbaikan jaringan dan beberapa hal lainnya.

pengaturan yang salah

Kadang-kadang kita begitu usil dengan pengaturan panggilan atau SMS kita sehingga kita tidak dapat menerima teks dan panggilan. Terlebih lagi, kami juga terkadang lupa bahwa kami telah mengubah pengaturan sehingga menyebabkan kepanikan.

belum terdaftar

Saat ini disarankan dan wajib bagi setiap kartu SIM baru atau lama untuk mendaftarkan nomor kartu dengan nomor KK dan nomor identitas (KTP).

Jika Anda tidak terdaftar dengan benar, maka ini mungkin penyebab kartu Telkomsel Anda tidak dapat menerima pesan teks dan panggilan.

Kartu Telkomsel tidak berlaku lagi

Karena kita sering menggunakan paket data atau wifi, hal ini menyebabkan kita lupa mengecek apakah kartu masih berlaku. Karena jika kartu tidak diisi ulang dalam jangka waktu tertentu, maka akan menyebabkan kartu mati.

sistem bermasalah

Kesalahan sistem terjadi ketika ada kesalahan pada peralatan telepon yang mengganggu kinerja telepon, termasuk ketidakmampuan untuk menerima panggilan masuk dan pesan teks.

Di atas adalah beberapa alasan mengapa kartu Telkomsel tidak dapat menerima pesan teks dan panggilan. Jika Anda sudah mengetahui alasannya, kini kami akan memberikan beberapa cara mengatasi kartu Telkomsel tidak menerima SMS dan telepon.

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan telepon

Bagaimana solusi mengatasi kartu telkomsel tidak bisa menerima SMS atau telepon? Apakah jalan ini benar-benar sulit? Mudah untuk menenangkan diri terlebih dahulu.

Berikut cara mengatasi kartu telkomsel tidak terima SMS dan nelpon:

Melalui aplikasi SMS

  • Cara ini sangat sederhana, langkah pertama adalah membuka aplikasi SMS bawaan dari smartphone Anda.
  • Buka pengaturan pada aplikasi SMS.
  • Kemudian pilih pesan teks (SMS)
  • Dalam pengaturan tersebut, Anda dapat langsung melihat pusat layanan SMS dan pastikan untuk memeriksa nomornya.
  • Jika Anda memiliki kartu ganda, pilih bagian Telkomsel yang bermasalah, jika tidak diisi maka harus diisi sesuai aturan Telkomsel yaitu +6281100000.

Dengan cara di atas, nomor pusat sudah benar, tetapi tetap gagal mengirim atau menerima SMS. Ini mungkin karena jenis jaringan di ponsel Anda

Ubah jaringan menjadi 3G atau 2G

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan telepon – Internet berkecepatan tinggi tersedia jika jaringan 4G tersedia di wilayah Anda. Namun sayangnya untuk jaringan 4G sulit untuk menerima dan mengirim pesan teks

Oleh karena itu, jika Anda adalah pengguna Telkomsel, Anda tidak akan dapat menerima SMS dan pengiriman SMS akan gagal. mengubah jenis jaringan

Cek sinyal Telkomsel

Kartu Telkomsel yang tidak dapat menerima pesan teks atau panggilan dapat disebabkan oleh sinyal yang lemah dan tidak stabil. Daerah yang jarang ditemukan menara Telkomsel juga bisa membuat sinyal di ponsel Anda lemah dan tidak stabil. Jadi, Anda perlu memeriksa sinyalnya.

Berikut cara meningkatkan sinyal Telkomsel.

  • Temukan area dengan Telkomsel Kata.
  • Temukan tempat yang tinggi, seperti bukit atau gedung bertingkat.
  • Temukan tempat dengan sedikit atau tanpa bangunan dan pepohonan.
  • Jika kartu Telkomsel masih belum ada jaringan sinyal, maka Anda dapat mengganti kartu operator yang sesuai dengan tower di wilayah Anda.

tunggu sampai normal kembali

Jika terjadi gangguan atau kegagalan jaringan, Anda hanya perlu menunggu sekitar 2 hingga 3 jam hingga jaringan benar-benar kembali normal. Kesalahan itu sendiri hanya terjadi beberapa kali untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Jadi Anda hanya perlu menunggu hingga jaringan kembali aktif dan siap digunakan kembali.

Hapus SMS dan cache telepon

Hapus SMS dan cache telepon untuk menghindari kesalahan sistem. Kekenyangan cache buruk karena setiap aplikasi memiliki ruang memori internal yang kecil, jadi jika menurut Anda cache sudah penuh, segera hapus di pengaturan aplikasi.

  • Buka pengaturan telepon
  • Kemudian buka menu Aplikasi, dan geser ke bawah untuk menemukan aplikasi SMS atau Pesan, lalu buka.
  • Buka menu Storage dan ketuk tombol Clear Cache.

Lakukan hal yang sama untuk aplikasi ponsel Anda. Dengan menghapus cache, ponsel akan dapat menerima pesan teks dan melakukan panggilan lagi.

Registrasi Nomor telepon

Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan telepon selanjutnya, Anda cukup mengirim pesan ke nomor 4444 termasuk nomor KK dan nomor tanda pengenal (KTP). Setelah itu, kartu akan dapat digunakan kembali.

Hapus aplikasi MyTelkomsel

Setelah memperbarui aplikasi My Telkomsel, beberapa pesan tidak lagi dikirim melalui SMS tetapi akan dialihkan langsung ke aplikasi My Telkomsel.

Jadi jika ingin menerima SMS seperti biasa, cukup hapus aplikasi My Telkomsel.

Aktifkan kembali kartu SIM yang kedaluwarsa

Untuk kartu SIM yang sudah tidak berlaku, Anda dapat mengaktifkan kembali nomornya dengan mengunjungi Grapari terdekat agar customer service dapat mengaktifkan kembali kartu tersebut dengan kartu identitas (KTP) Anda.

Pengaktifan kembali kartu gratis. Setiap kecamatan sudah memiliki kantor grapari.

Restart hp

Jika Anda mengalami kartu Telkomsel tidak dapat menerima pesan teks dan panggilan, silakan coba untuk me-restart telepon. Dengan me-restart telepon, pengaturan jaringan akan kembali normal, yang dapat mengatasi masalah tidak menerima pesan teks atau panggilan.

Beralih ke mode pesawat

Ini bertujuan untuk jaringan penangkapan ikan. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menemukan mode penerbangan atau menu mode penerbangan di pengaturan. Kemudian aktifkan beberapa saat setelah menonaktifkan mode pesawat. Lakukan langkah ini beberapa kali hingga mendapatkan hasil terbaik.

Melakukan Reset

Ini adalah langkah terakhir yang bisa Anda coba untuk Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan telepon. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu Pengaturan atau Setting di ponsel Anda.
  • Jangan lupa untuk mem-backup data Anda sebelum memilih backup dan reset
  • Periksa bagian Data Cadangan untuk menyimpan file penting Anda.
  • Kemudian pilih Reset Data Pabrik, dan klik Reset Perangkat.
  • Selesai dan tunggu sebentar, lalu hidupkan kembali ponsel.      

Kesimpulan

Nah mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Bisa Menerima SMS dan telepon, semoga bisa membantu dan terimakasih.

Jangan lupa untuk mengunjungi situs https://www.patrolihipakad.id/ dan dapatkan informasi-informasi menarik lainnya.

Tinggalkan komentar