Perlawanan Rakyat Maluku Masa Perjuangan

1.Perlawanan Rakyat Maluku

a.Masa Perjuangan:
b.Perjuangan Melawan:
c.Ringkasan Perjuangan

Berikut ini adalah perlawanan rakyat Maluku:

a. Masa perjuangan

  • Masa Perjuangan rakyat Maluku yaitu pada tahun 1811 sampai dengan tahun 1818.

b. Perjuangan rakyat Maluku melawan

  • Rakyat Maluku yaitu pada tahun 1811-1818 telah melakukan perjuangan melawan VOC Hindia Belanda.

c. Ringkasan perjuangan

Tokoh pemimpin yang pada masa itu cukup terkenal dalam perlawanan rakyat Maluku adalah Kapitan Pattimura. Banyak perjuangan yang telah dilakukan oleh Kapitan Pattimura, seperti melakukan berbagai penyerbuan ke benteng VOC, menghancurkan kapal-kapal VOC, menentang berbagai kebijakan pemerintah Hindia Belanda, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, perjuangan rakyat Maluku harus berakhir pada saaat Kapitan Pattimura dihukum gantung yaitu pada tanggal 16 Desember 1817. Putri beliau yang bernama Christina Martha Tiahahu berusaha melanjutkan perlawanan namun akhirnya juga tertangkap.

Pembahasan

Maluku merupakan salah satu daerah yang  dijajah oleh Belanda karena kualitas dan rempah-rempahnya yang  melimpah. Pada masa pendudukan Belanda, rakyat Maluku mengalami banyak penindasan.

Kapitan Pattimura atau Pattimura lahir pada tanggal 8 Juni 1783, di Haria, Saparua, Central Marc. Beliau lahir dari keluarga Maturesy dengan nama aslinya Thomas Maturesy. Nama ayahnya adalah Francs Maturesy dan nama ibunya adalah Francina Silahoi. Sebelum perang Pattimura dengan Vereenigde Oost Indien Compagnie atau VOC, Kapten Pattimura memiliki karir militer sebagai mantan sersan Angkatan Darat Inggris. Namanya menadi semakin dikenal karena memimpin perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda dalam Perang Pattimura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.