Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Oke teman-teman, saat ini masih banyak di antara kita yang Work From Home (WFH) ini adalah dampak dari pandemi kemarin. Tentunya kebutuhan software juga perlu kamu perhatikan untuk membantu kelancaran WFH, nah salah satunya yaitu aplikasi perekam layar.

Apa sih fungsi software perekam layar ini? Jika kalian suka mengikuti kegiatan seminar berbasis online, tentu saja aplikasi ini salah satu yang sangat kamu butuhkan.

Lebih akrab bisa kita sebut webinar, aplikasi ini bisa membantu kita untuk merekam keseluruhan acara, termasuk untuk mendapatkan materi yang kita inginkan.

Memang, hamper sebagian platform webinar telah memiliki fitur perekam layar otomatis, tetapi tak semua platform memiliki software itu temen-temen!

Oke yuk kita lihat daftar rekomendasi aplikasi perekam layar yang bisa teman-teman pakai pada PC, android maupun iOS.

Baca Juga : 6 Aplikasi Live Streaming Piala Dunia Qatar 2022

Aplikasi perekam layar Terbaik

Screen recorder PC ini tidak hanya untuk merekam saat acara webinar saja, tetapi juga bisa kita gunakan untuk bermain game juga, lho!

Menariknya lagi, deretan software perekam layar ini bisa kamu gunakan sampai kualitas HD dengan rekaman suara terbaik, intinya aplikasi yang akan kami sebutkan adalah aplikasi perekam layar terbaik, dan sesuai yang kamu butuhkan.

Beriku adalah rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik tahun 2022 :

1.iSpring Suite

Aplikasi iSpring Suite merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk e-learning. Dengan aplikasi ini kalian bisa memasukan kuis, surver, simulasi sialog, interaksi atau perekam layar yang langsung ke presentas power point.

Tentu saja aplikasi ini sangat bermanfaat bagi anak yang melakukan school form home. Software ini memungkinkan penggunanya untuk membuat screencast dengan suara, tutorial video dengan anotasi, dan screencast dilengkapi dengan fitur video presenter.

Nah setelah screencast terekam, kalian bisa dengan mudah mengedit video tadi seperti, menghilangkan noise, menyisipkan objek media dan anotasi, juga menghapus fragmen yang tidak diinginkan, dan terakhir menambahkan efek transisi.

iSpring Suite ini dapat kamu gunakan di PC, android hingga iOS ya, gays.

2. ActivePresenter

ActivePresenter oleh Atomi Systems merupakan sebuah aplikasi perekam layar terbaik dan editorĀ video all-in-one.

Aplikasi ini sangat cocok untuk para Youtuber, produser video, guru, serta tenaga pengajar.

Menariknya lagi ActivePresent juga memiliki banyak fitur dan efek video yang bisa mempermudah para penggunanya dalam editing.

aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis dan cocok untuk PC atau komputer.

Terdapat berbagai fitur seperti cut to cut, mengatur kecepatan, anotasi, animasi, mengatur volume, menambahkan teks, , dan banyak lagi.

Saat teman-teman meningkatkan ke versi berbayar atau premium, fitur pengeditan audio dan video yang lebih canggih tersedia untuk membuat video dan simulasi perangkat lunak yang lebihb berkualitas.

3.Flashback Express

Selanjutnya yaitu Flashback Express. Aplikasi perekam layar yang satu ini bisa kamu dapatkan secara gratis.

Flashback Express dapat merekam layar, webcam, serta suara bersamaan. Tidak ada batasan waktu untuk merekam layar pada aplikasi ini dan pastinya bebas dari watermark.

Jika kalian ingin menggunakan perangkat lunak ini pada sistem multi-monitor, aplikasi ini bisa merekam layar di beberapa monitor atau membatasi pengambilan merekam layar ke satu monitor.

Dan juga Flashback Express dapat menggunakan perekaman terjadwal untuk memulai dan menghentikan perekaman pada waktu yang dijadwalkan atau saat aplikasi tertentu. Nah ilni tentu sangat bermanfaat bagi kamu yang berprofesi sebagai konten creator, gamer yang sering membagikan pengalaman bermain ke media social.

4.Screencast O Matic

Jika teman-teman ingin aplikasi perekam layar yang praktis, Screencast O matic cocok untuk kamu coba. Screencast-O-Matic ini merupakan software perekam layar berbasis web dan online.

Aplikasi ini dapat kamu pakai langsung dari browser atau digunakan sebagai aplikasi desktop tanpa menggunakan koneksi internet saat kamu menginstal versi PC.

Screencast-O-Matic juga menawarkan sejumlah fitur mulai dari perekaman layar, pengeditan video, hingga hosting, dan terakhir sharing video.

Ada juga fitur untuk memotong rekaman, menambahkan teks dan mempublikasikan video ke YouTube atau berbagi ke platform media sosial. Dengan fitur-fitur tersebut tentu akan memudahkan kamu untuk berbagai kegiatan.

Nah saat kamu meningkatkan ke versi berbayar, tidak ada batasan waktu dan bebas watermark.

5.OBS Studio

Aplikasi perekam layar selanjutnya yaitu OBS Studio. Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk merekam video dan streaming langsung tanpa ada watermark dan tanpa batasan waktu. OBS Studio sangat pas untuk para gamer untuk hoby menampilkan gameplay live mereka.

Dengan aplikasi ini kalian tidak hanya merekam seluruh tampilah atau layar PC, android ataupun iOS, tetapi juga dari kamera web dan microphone.

Kelemahannya meskipun aplikasi OBS Studio merupakan alat serbaguna untuk perekaman layar, OBS Studio tidak mengintegrasikan untuk mengedit video.

Teman-teman perlu mengunduh aplikasi lain jika ingin mengedit rekaman video.

6.DU Recorder

Jika kalian ingin mencari aplikasi perekam layar untuk android atau iOS, kamu bisa mencoba aplikasi Du Recorder.

DU recorder merupakan salah satu aplikasi perekam layar yang sangat populer dan telah memiliki lebih dari 10 juta pengguna didunia.

Kegunaan aplikasi ini yaitu untuk merekam kegiatan di layar gadget-mu.

Mulai dari merekam ketika bermain game ataupun saat sedang acara conference video call. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki fitur bawaan untuk mengedit video.

Perlu kamu ketahui. Du Recorder ini tidak memerlukan akses root android dan tentunya tidak ada batasan waktu untuk merekam layar.

Fitur lainnya termasuk opsi untuk memilih resolusi yang berbeda, frame rate, bit rate, pembuat GIF, kamera selfiestabilizer, dan masih banyak lagi. Semua fitur-fitur tadi tersedia dalam versi gratis.

Kelebihannya, aplikasi Du Recorder ini juga menyediakan 20 bahasa berbeda dan tidak mengandung iklan apa pun, lho.

7. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar Android yang menjadi favorit banyak orang saat ini.

Menggunakan aplikasi ini cukup mudah dan praktis. Kamu hanya perlu berlanggganan terlebih dahulu untuk membuka semua fiturnya.

Meski berbayar, aplikasi yang satu ini menampilkan hasil rekaman yang sangat memuaskan.

Adanya tombol overlay dan meski demikian tidak mengganggu sedikitpun konten yang direkam.

AZ Screen Recorder bahkan memiliki editor video untuk konten youtube. Tentu saja, ini tidak membutuhkan root, tidak ada batasan waktu, tidak memiliki watermark, dan banyak lagi.

8. Mobizen Screen Recorder

Salah satu aplikasi perekam layar yang terakhir adalah Mobizen.

Software yang satu ini praktis dan mudah digunakan untuk merekam aplikasi yang sedang dibuka, mengedit video, bermain game, atau aplikasi apa pun yang ada pada HP/PC kamu.

Kelebihannya lagi hasil rekaman bisa didapatkan dengan resolusi yang tinggi, bahkan bisa digunakan melalui Face Cam.

Menariknya lagi, aplikasi Mobizen Scree Recorder ini juga memiliki beragam fitur pengeditan. Tidak memerlukan akses root dan tentunya tanpa watermark. Aplikasi ini cocok untuk kamu yang menggunakan android.

Kesimpulan

Nah mungkin cukup sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik 2022, semoga dengan artikel ini bisa membantu teman-teman semua. Terimakasih.

Tinggalkan komentar